Menengok Teduhnya Studio Alam TVRI

APA rencana Anda akhir pekan ini? Jika Anda tinggal di sekitar Kota Depok, Jawa Barat, Anda dapat mengunjungi Studio Alam TVRI di Jalan Raden Saleh, Kecamatan Sukmajaya, Depok.

Dulu kawasan ini terkenal sebagai tempat syuting beragam acara TVRI seperti Rumah Masa Depan dan Aku Cinta Indonesia (ACI) pada tahun 80-an.

Sejak 2001 kawasan yang memiliki luas lebih kurang 30 hektare ini mulai dibuka untuk umum dan dapat digunakan untuk syuting film atau sinetron baik untuk TVRI, televisi swasta atau pun rumah produksi. Studio ini memiliki 19 rumah untuk kepentingan syuting sejumlah program.


Sejak lama masyarakat ingin melihat isi studio dan menyaksikan langsung proses produksi film dan sinetron. Masyarakat tidak perlu membayar mahal untuk masuk. Harga tiket mobil Rp 10.000, sepeda motor Rp 5.000 dan pejalan kaki Rp 1.000.

Saat memasuki studio alam, terhampar Situ Biru. Masyarakat sekitar menyebutnya Situ Studio Alam. Situ yang bentuknya menyiku tersebut menjadi resapan air untuk daerah sekitar. Fungsinya sangat diandalkan sebagai sumber air saat kemarau tiba.

Sumber foto: http://dryae.blogspot.com
Di situ yang tak pernah kering tersebut konon memiliki sumber mata air alami. Masyarakat yang hobi memancing pun tiap hari menyambangi situ tersebut.

Namun sayang, daerah ini tidak begitu terawat serta bau karena kotoran kuda berserak di mana-mana. Padahal banyak sekali kegiatan yang bisa dimanfaatkan dengan luas lahan 30 hektare ini. Rumah-rumah yang ada di sekitar studio alam banyak yang reyot dan kumuh. Bahkan tempat syuting Rumah Masa Depan sudah lapuk seakan menunggu roboh.

Salah satu pengunjung, Yuni, 30, yang mengajak dua anaknya mengeluhkan kebersihan di studio alam. Ia datang ke sana sebagai alternatif wisata murah bersama keluarganya.

"Agak kumuh sih. Kotor juga soalnya enggak ada tempat sampah. Harusnya lebih dijaga lagi kebersihannya," kata Yuni.

Koordinator Lapangan Studio Alam TVRI Muhammad Kasim mengakui bahwa kondisi kurang terawat tersebut sengaja dibiarkan agar tampak alami.

Selain itu, kurangnya perhatian TVRI Pusat khususnya dana, diakui Kasim sebagai faktor tidak berkembangnya studio. Namun demikian, studio alam ini tetap bisa menjadi alternatif rekreasi Anda.

Fakta Studio Alam Depok:

Alamat: Jalan Raden Saleh, Sukmajaya, Depok, Jawa Barat
Luas Lahan: 30 hektare
Tiket Masuk: Mobil Rp 10.000, Sepeda Motor Rp 5.000, Pejalan Kaki Rp 1.000
Fasilitas: Sembilan belas rumah berdesain tradisional, dananu untuk memancing dan sumber air, lapangan tenis, jalan untuk bersepeda

Sumber: Media Indonesia, 24 Juni 2011.

Comments